IPTV

IPTV atau internet provider television merupakan sebuah program komunikasi yang menyediakan layanan televisi berbasis internet. IPTV menggunakan software komunikasi client server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi dengan kecepatan tinggi yakni minimal 2 megabyte per detik (setara real time full motion video secara simultan ) ke user window melalui jaringan data yang ada sekarang. IPTV berbeda dengan layanan internet TV.


IPTV tidak menggunakan jaringan internet pada umumnya seperti youtube yang menggunkan jaringan internet umum yang banyak digunakan oleh pengguna internet biasa pada umumnya, artinya kualitasnya adalah ‘best effort’ sehingga lambat dalam mentransfer video. Tetapi pada iptv jaringan yang digunakan adalah jaringan internet tertutup yang khusus digunakan untuk siaran tv dan dirancang untuk memiliki Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE)
Keuntungan menggunakan IPTV adalah pemirsa dapat menyaksikan acara yang diminatinya pada saat yang diinginkannya (video on demand) tanpa harus terikat jadwal acara dari stasiun penyiaran. Kedua adalah sifat IPTV yang interaktif, artinya pemirsa bisa turut memberikan respon, rating, atau mengikuti polling dalam siaran tertentu. Ketiga, sistem ini juga memungkinkan targeted advertising yang membawa keuntungan bagi penyelenggaranya. Artinya iklan bisa ditujukan hanya kepada pelanggan-pelanggan tertentu yang memenuhi syarat kriteria. Hal ini jelas tidak dimungkinkan oleh teknologi TV lainnya seperti cable TV, mobile TV, atau Direct To Home (DTH).
Standar teknologi yang digunakan IPTV ada dua jenis yaitu SD (Standard Definition) dan HD (High Definition). SD-IPTV menggunakan video compression berbasis MPEG-2, MPEG-4 Pt.10, H.264 AVC (Advanced Video Coding) atau VC-1. Data rates yang diperlukan berkisar 1 - 2 Mbps, sehingga dapat disalurkan menggunakan jaringan ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), ADSL2 atau FTTH (Fiber-to-the Home). HD-IPTV menggunakan video compression yang sama namun memerlukan data rate yang relatif lebih tinggi yaitu antara 8 - 20 Mbps, sehingga hanya dapat disalurkan menggunakan ADSL2+ atau VDSL2 (Very High Data Rate Digital Subscriber Line) dan FTTH.
Adapun jenis layanan dari IPTV Telkom ini adalah :
•Broadcast/Live TV, yaitu layanan siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiunstasiun televisi umum seperti TransTV, RCTI, SCTV, MetroTV dan lain-lain. Layanan ini dapat dinikmati oleh user seperti layaknya berlangganan pay TV.
•Video and Music on Demand, yakni suatu siaran video dan musik berdasarkan permintaan user. Layanan ini adalah layanan berbayar, dimana user akan memilih video dan musik yang ingin diputar, selanjutnya akan mengurangi nilai simpanan user sebelum video tersebut dimainkan. Setiap video dan musik yang dibayar, akan mempunyai periode waktu tertentu untuk dapat diputar. Setelah periode waktu berakhir, user harus membayar kembali agar dapat memutar video dan musik tersebut.
•News on Demand, yaitu layanan siaran berita sesuai permintaan user. User dapat memilih siaran suatu berita tertentu yang ingin dilihat, selanjutnya sistem IPTV akan memutar siaran yang dipilih tersebut.
Blinkie Text Generator at TextSpace.net

0 comments:

Posting Komentar