Pekembangan Internet Indonesia

Internet!!!!, ,
Yaa kata itu sudah tidak asing lagi bagi para mahasiswa bahkan oleh kalangan pelajar tingkat SMP pun sudah mengenal kata internet. Internet (interconnected-networking)merupakan sebuah system komputer yang terhubung dengan satu atau lebih computer di dalam suatu jaringan yang saling berinteraksi. Internet merupakan gerbang informasi yang up to date dengan kata lain semua informasi bisa kita dapat kan baik itu yang sudah berlalu maupun yang baru saja tejadi.


Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih tidak menutup kemukinan bisa berdampak buruk bagi manusia. Namun itu semua tergantung dari individu itu sendiri bagaimana menyikapi perkembangan internet.

Di Indonesia sendiri internet sudah banyak di akses oleh banyak orang, ini sesuai survei(internetworldstats) hingga September 2009 indonesia menduduki peringkat ke 5 se-Asia dalam hal mengakses internet. Seiring dengan banyak nya orang yang menggunakan akses internet semakin banyak pula yang menyediakan jasa internet baik menggunakan teknologi kabel maupun nirkabel. Bahkan saat ini bisa dikatan hampir semua operator seluler menyediakan jaringan internet baik secara regular maupun paket. Namun sangat disayangkan meskipun internet banyak digunakan dan penyedian jasa internet cukup banyak tidak di imbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Saat ini, infrastruktur jaringan internet masih menjadi kendala utama yang harus dihadapi. Akibat dari infrastruktur yang belum memadai juga mengakibatakan masalah baru yakni kecepatan akses internet yang lambat. Tidak hanya itu, biaya internet pun cukup mahal.
Namun kini Pemerintah menurut Ditjen Postel akan membangun jaringan infrasktuktur baru. Pada tahun 2010 jaringan Fiber Optik proyek Palapa Ring akan mulai beroperasi. Jaringan ini pada 2012 akan menghubungkan 50% dari 465 kota di Indonesia dengan total kapasitas mencapai 600 Gbps. Jaringan ini akan menyumbang sedikitnya 10 juta pengguna Internet baru. Sedangkan jaringan Internet pendidikan yang telah mulai dibangun sejak tahun 2006, diperkirakan pada 2012 akan menghubungkan 30 juta siswa ke Internet. Akses Internet mobile (selular dan BWA) akan menghubungkan 10 juta pengakses.

Semoga saja dengan dibangunnya Jaringan Infrastruktur internet Palapa ring dapat mengatasi permasalahan Internet di Indonesia. Setidaknya jaringan intenet di Indonesia sudah berkembang, amin!!!!

Blinkie Text Generator at TextSpace.net

0 comments:

Posting Komentar