OPEN SOURCE??????what is

Orang2 awam pasti bingung apa makna dari 2 kata tersebut, tapi tidak bagi yang mengenal dunai computer pasti paham maksud kata tersebut. Open source merupakan sebuah software dimana semua orang bebas untuk memakainya tanpa harus membelinya selain itu setiap orang bebas untuk menambahkan, mengembangkan, modifikasi atau mendesain kembali software tersebut dan bahkan kita bisa menyebarkan sotware tersebut ke semua orang.



Ini sesuai dengan arti dari source sendiri yaitu sekumpulan kode – kode, perintah – perintah pemrograman, maupun logika pemograman yang menyusun sebuah software. Di dalam open source kita bisa melihat semua kode maupun perintah yang menyusun software tersebut tidak seperti software berbayar dimana source nya sengaja ditutup oleh vendor(perusahaan). Kalau boleh dibilang Vendor tersebut sengaja menutup source untuk kepentingan bisnis. Bagaimana tidak berapa Rupiah yang harus kita keluarkan dari dompet untuk membeli sebuah software berbayar, tentunya tidak lah murah bisa berjuta-juta tentunya. Andaikan semua software di muka bumi ini open source tentunya akan lebih banyak lagi software dan pastinya akan beragam pula softwarenya meskipun sebenarnya intinya sama.
Salah satu open source yang paling terkenal adalah LINUX. Linux merupakan sebuah system operasi layaknya windows. Namun Linux berbeda dengan windows dimna pada Linux sourcenya terbuka untuk umum sehingga kita bisa mengembangkan OS tersebut. Karena open source banyak orang yang mengembangkan OS tersebut sehingga perkembangan Linux sangat cepat selain itu beragam. Linux Bisa didapatkan dalam berbagai distribusi(sering disebut Distro). Distro adalah Bundle dari kernel Linux, beserta system dasar Linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada beberapa distro Linux, diantaranya;
Redhat
Debian
Slackware
SuSe
Mandrake
Win linux.
Blinkie Text Generator at TextSpace.net

0 comments:

Posting Komentar